Asal Mula Hadits Hasan

Bookmark and Share

Kenapa Harus Ada Hadits Hasan


Dinamakan dengan hadis hasan karena ulama ahli hadis berbaik sangka ‎terhadap rawinya ‎. Orang pertama kali yang terkenal menggunakan terminologi ‎ini adalah adalah Imam al-Tirmidzi. Hadis hasan menurut Ibn Hajar adalah hadis ‎yang sanadnya bersambung, tidak ditemukan adanya cacat dan juga syadz serta ‎diriwayatkan oleh rawi yang adil namun tingkat ketsiqahannya tidak sempurna.‎
Menurut Ibnu Taymiyah hadis hasan termasuk dalam kategori da'if. Karena ‎beliau hanya mengklasifikasikan hadis menjadi dua, shahih dan da'if. Kemudian ‎hadis da'if  dibagi menjadi dua; yakni yang bisa dijadikan hujjah dan yang tidak. ‎Hadis hasan masuk dalam kategori hadis da'if  yang dapat dijadikan hujjah.‎
Hadis hasan sendiri juga terbagi menjadi dua:‎
a.‎ Hasan lidzatih ‎
Dinamakan Hasan lidzatih karena sifat hasannya muncul secara ‎independen tanpa melihat dukungan hadis jalur lain. Contohnya:‎
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِى سَلَمَةَ عَنْ أَبِى ‏هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِى لأَمَرْتُهُمْ ‏بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ (رواه الترمذى)‏
Hadis ini bisa dinamakan hasan lidzatih dengan tanpa melihat jalur riwayat ‎lainnya.‎
b.‎ Hasan lighayrih
Dinamakan hasan lighayrih karena kehasanannya disebabkan oleh faktor ‎lain (dari luar), artinya hadis ini sebenarnya adalah tergolong da'if karena salah ‎satu syarat untuk bisa dikategorikan hadis hasan atau shahih tidak terpenuhi, ‎namun dikuatkan oleh adanya muttabi' atau syahid. Contoh hadis hasan ‎lighayrih adalah: ‎
حَدَّثَنَا عَلِىُّ بْنُ الْحَسَنِ الْكُوفِىُّ حَدَّثَنَا أَبُو يَحْيَى إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِىُّ عَنْ يَزِيدَ بْنِ ‏أَبِى زِيَادٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِى لَيْلَى عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى ‏الله عليه وسلم- « حَقٌّ عَلَى الْمُسْلِمِينَ أَنْ يَغْتَسِلُوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلْيَمَسَّ أَحَدُهُمْ مِنْ طِيبِ ‏أَهْلِهِ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَالْمَاءُ لَهُ طِيبٌ (رواه الترمذى)‏
Hadis ini menurut al-Tirmidzi masuk dalam kategori hasan lighayrih ‎dikarenakan Yazid bin Abi Ziyad termasuk golongan al-mudallis. Tetapi ‎matan hadis dikuatkan oleh syahid yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Abi ‎Sa’id dll.‎

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar