Tiga Unsur Penting Hadits, Harus
C. Hadis Ditinjau dari Aspek Kualitas
1. Unsur-unsur Hadis
Hadis bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri tanpa ada hal-hal yang
berkaitan dengannya. Suatu hadis tidak terlepas dari beberapa unsur
yang terkandung di dalamnya. Tanpa unsur-unsur tersebut, maka status
dan validitas suatu hadis patut untuk dipertanyakan. Beberapa unsur
yang menjadi pertimbangan untuk menilai keShahihan sebuah hadis itu ada
tiga, yaitu matan, sanad, dan mukharrij.
a. Matan
Matan secara bahasa adalah penguat atau teks. Secara istilah adalah
lafaz-lafaz yang menggambarkan makna hadis, bisa juga diartikan kalimat
hadis yang mempunyai arti . Menurut Ibn Jama'ah adalah sebuah kalimat
yang menjadi tujuan akhir daripada sanad . Lebih sederhananya, matan
adalah bentuk redaksional sebuah hadis.
b. Sanad
Arti sanad secara etimologi adalah tempat bersandar . Adapun secara
terminologi terdapat beberapa pendapat, di antaranya adalah:
1) Menurut
al-Sayyid Muhammad Ibn Alawi al-Maliki, sanad ialah jalur yang
menghubungkan seseorang sampai kepada matan. Jalur ini tidak lain
adalah para rawi yang mentransformasikan matan tersebut secara
berkesinambungan. Dengan demikian, sanad dan rawi mempunyai arti yang
sama .
2) Muhammad
‘Ajjaj al-Khatib mendefinisikan sanad sebagai jalur matan. Lebih
lanjut, dia menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan jalur matan adalah
silsilah para rawi yang mentransformasikan matan dari sumber utama.
Dengan demikian, menurut dia bahwa terdapat perbedaan antara sanad dan
rawi.
3) Sanad
menurut al-Badr bin Jama'ah adalah memberitahu jalur menuju hadis.
Karena sanad menurutnya diambil dari kata al-Sannad yang berarti
sesuatu yang naik dari lembah gunung. Hal ini karena al-musnid menarik
hadis sampai kepada orang yang mengucapkan hadis. Atau diambil dari
ucapan fulanun sanadun (berpegangan) sehingga sanad mempunyai arti
memberitahu proses menuju matan. Hal itu dikarenakan orang yang hafal
hadis menjadikan sanad sebagai acuan dalam keShahihan dan keda‘ifan
sebuah hadis.
Dari ketiga pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa terminologi sanad
adalah jalannya hadis, maksudnya mata rantai (jalur) para rawi yang
menghubungkan matan mulai dari awal hingga akhir. Secara etimologi
isnad berarti menyandarkan. Adapun secara terminologi isnad
didefinisikan dengan pemberitahuan dan penjelasan tentang jalur matan.
Namun, terkadang kata isnad diartikan dengan sanad, begitu juga
sebaliknya. Dengan demikian, kata isnad dan sanad mempunyai arti yang
sama.
Dalam ilmu hadis terdapat beberapa kata yang merupakan derivasi dari kata sanad di antaranya adalah :
1) Sanad, yang artinya proses menuju matan.
2) Musnad,
yang artinya hadis yang sanadnya sampai pada Nabi Muhammad saw. Dalam
hal ini sanad mempunyai tiga arti; (1) hadis yang lalu. (2) buku hadis
yang sanadnya sampai kepada Nabi Muhammad saw. (3) adalah sama dengan
kata isnad dimana merupakan kata benda seperti Musnad al-Syihab, Musnad
al-Firdaus atau yang lain.
3) Musnid, yang artinya orang yang meriwayatkan hadis dari jalurnya baik ia paham atau tidak.
4) Isnad, yang artinya menarik hadis sampai ke orang yang mengucapkan hadis.
c. Mukharrij
Mukharrij adalah orang yang menyebutkan rawi hadis. Istilah ini berbeda
dengan al-Muhdith yang artinya orang yang mempunyai keahlian tentang
proses perjalanan hadis serta mengetahui nama-nama rawi, redaksi, dan
kelemahan hadis. Dalam hal ini ia lebih tinggi apabila dibandingkan
dengan al-Musnid. Orang yang sedang bergelut dengan hadis dapat
digolongkan menjadi beberapa tingkatan antara lain sebagai berikut:
1) al-Thalib adalah orang yang sedang belajar hadis.
2) al-Muhaddits adalah orang yang mendalami dan menganalisis hadis dari segi riwayat dan dirayat.
3) al-Hafizh adalah orang yang hafal 100.000 hadis.
4) al-Hujjah adalah orang yang hafal 300.000 hadis.
5) al-Hakim
adalah orang yang menguasai hal-hal yang berhubungan dengan hadis
secara keseluruhan baik ilmu maupun mustalah al-Hadis.
6) Amir al-hadis (pemimpin hadis)
Menurut Syaikh Fath al-Din bin Sa‘id al-Nas, al-muhaddis pada zaman
sekarang adalah orang yang sibuk mempelajari hadis baik aspek riwayat
maupun dirayat, kemudian mengkaji kualitas rawinya dengan mempelajari
secara mendalam para rawi yang semasa dan populer dalam masalah hadis.
Sehingga ia mampu mengetahui gurunya dan guru dari guru rawi sampai
seterusnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا
أَبُو جَنَابٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ الْبَرَاءِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ
النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم خَطَبَ عَلَى قَوْسٍ أَوْ عَصاً (اخرجه
احمد فى مسنده)
Sanad adalah:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا
أَبُو جَنَابٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ الْبَرَاءِ عَنْ أَبِيهِ
ِMatan adalah:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّم خَطَبَ عَلَى قَوْسٍ أَوْ عَصًا
Mukharrij adalah:
احمد
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar